Submitted by Gendewa Tunas Rancak 18th February 2014 18:54


Konteks Adaptasi

Desa Gondang merupakan wilayah dengan luas sebesar 29,20 Km2. Kondisi alam di desa ini masih didominasi oleh tanah kering dan hanya sebagian kecil saja yang menjadi areal persawahan. Gondang berbatasan langsung dengan Laut Jawa di sebelah Utaranya, oleh karenanya sebesar 75% masyarakat yang berada di wilayah pesisir Desa Gondang mengandalkan laut sebagai pusat penghidupan. Selain itu desa Gondang juga memiliki areal persawahan jurang lebih seluas 400 ha. Lokasi areal persawahan ini tersebar di beberapa lokasi termasuk di sepanjang pesisir laut bagian Utara desa. Curah hujan rata-rata 1,958 mm/tahun dengan suhu rata-rata hariannya 28-35°C.

Jumlah Penduduk di Desa Gondang sampai dengan tahun 2008 adalah 11.508 jiwa, dimana 5.263 jiwa adalah laki-laki, dan 6.246 jiwa adalah perempuan. Jika dibagi berdasarkan mata pencahariannya, maka 2.171 jiwa bekerja di bidang pertanian, 25 jiwa di bidang industry, 23 jiwa di bidang konstruksi, 198 jiwa di bidang perdagangan, 26 jiwa di bidang jasa angkutan, dan 468 di bidang jasa lainnya. Sisanya adalah nelayan dan ibu rumah tangga.

Berdasarkan sketsa desa Gondang (I-Cacth Desa Gondang, 2012), terdapat dua penghidupan besar bagi masyarakat Gondang yaitu penghidupan pesisir/laut sebagai nelayan dan penghidupan sebagai petani persawahan. Nelayan Gondang mencari ikan di Perairan sebelah utara desa Gondang (Laut Jawa). Mereka mencari ikan di perairan dekat pantai bahkan mampu berlayar sampai jauh (ke tengah laut) hingga darat tidak bisa terlihat.

Metodologi

Berdasarkan data I-CATCH Desa Gondang (2012), telah diidentifikasi faktor-faktor pelemah dan penunjang adaptasi terhadap perubahan iklim di Desa Gondang. Melalui metode ini, telah diidentifikasi dampak masalah iklim di Desa Gondang dan tingkat kerentanan masyarakat Desa Gondang terhadap perubahan iklim.

Selanjutnya berdasarkan analisa I-CATCH ini, dikembangkan suatu konsep Desa Ekologis Tangguh dan Adaptif Perubahan Iklim (DELTA API) untuk Desa Gondang. Dalam konsep ini diusulkan beberapa program kegiatan untuk menghasilkan desa yang tangguh terhadap perubahan iklim.

Opsi untuk Adaptasi

Berdasarkan proses partisipatif perencanaan dan penataan desa, Desa Gondang diarahkan untuk menuju  desa yang memiliki konsep ekowisata berbasis adaptif perubahan iklim, pengelolaan Sumber Daya Alam (SDA) dan Kebudayaan lokal. Oleh karena itu selanjutnya dalam Masterplan Desa Ekologis Tangguh dan Adaptif Perubahan Iklim (DELTA API) Desa Gondang, diperinci dengan langkah-langkah sebagai berikut: 

1. Pengembangan Tata Ruang Desa Gondang

  • Pengembangan perumahan menuju perumahan yang tahan bencana, sehat dan hijau
  • Pengembangan kawasan perdagangan dan jasa untuk mendukung perekonomian masyarakat
  • Pengembangan fasilitas desa dengan melihat kebutuhan dan keinginan masyarakat desa
  • Pengembangan fasilitas sarana pendukung pariwisata desa dengan melihat kebutuhan dan keinginan masyarakat desa
  • Pengembangan lokasi aktivitas pertanian dan perkebunan 
  • Pengembangan lokasi aktivitas kelautan 
  • Pengembangan infrastruktur dan utilitas Desa  Gondang

2. Pengembangan Ekonomi dan Sosial Desa  Gondang

  • Menguatkan kegiatan sosial, budaya dan peribadatan penduduk 
  • Pemerataan mutu pendidikan bagi anak usia sekolah

3. Konservasi Desa Gondang

  • Menetapkan arahan penyelamatan lingkungan Desa  Gondang
  • Meningkatkan aksesbilitas masyarakat dalam penyelamatan lingkungan alam dan lingkungan sosio-budaya
  • Perlindungan kumpulan pepohonan/vegetasi